MENUMBUHKAN KEPRIBADIAN YANG BAIK
09:28 | Author: ABI HAMDANI
Good Personality
Kepribadian adalah eksistensi manusia yang tumbuh dan berkembang melalui proses pendidikan sejak di dalam kandungan hingga di luar kandungan, yang terekspresi pada pola keyakinan, pola pikir, sikap, prilaku, tindakan dan gerak-gerik diri. Seperti kepribadian seorang pedagang dengan seorang petani, keduanya dapat kita ketahui pasti memiliki kepribadian yang berbeda, seorang rasionalis dengan spiritualis keduanya juga demikian, pasti memancarkan kepribadian yang berbeda pula.
Bagaimana metode menumbuhkembangkan kepribadian yang bersifat propetik {kenabian}? Tentu saja kita harus mengkaji secara mendalam tentang proses pertumbuhan dan perkembangan kepribadian Rasulullah saw, sejak di dalam kandungan hingga beliau wafat. Namun produk akhir beliau secara populer telah kita ketahui bersama, bahwa beliau memiliki kepribadian yang sempurna, yakni siddiq (jujur), amanah (dipercaya), tabligh (terbuka), fathonah (cerdas), zuhud (sederhana), sabar (tabah), istiqomah (konsisten), muroqobah (mawas diri) dan sebagainya.
Jika anda ingin lebih mengetahui dan mengkaji lebih dalam, dapat anda peroleh dari sebuah buku yang berjudul "PSIKOLOGI KENABIAN" (PROPHETIC PSYCHOLOGY) yang disusun oleh HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY.
This entry was posted on 09:28 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: